Ekspor Mobil Toyota Tembus 1 Juta Unit

Ekspor Mobil Toyota Tembus 1 Juta Unit Ekspor Mobil Toyota Tembus 1 Juta Unit

Toyota mencatat sebuah milestone penting, yakni pencapaian 30 tahun ekspor dengan realisasi satu juta unit dalam bentuk completely built-up (CBU).

Dengan iklim bisnis otomotif di tanah air yang kondusif, pabrikan asal Jepang itu berkomitmen terus meningkatkan ekspor serta investasi.

Presiden Joko Widodo yang hadir dalam seremoni bertajuk Realisasi 1 Juta Unit Ekspor CBU mengapresiasi langkah Toyota yang selama ini berkontribusi penting dalam industri otomotif tanah air.

’’Ekspor Toyota sangat besar dan selalu meningkat setiap tahun. Saya terus mendorong sektor otomotif ini menjadi andalan kita,’’ ujar Jokowi di Tanjung Priok Car Terminal, Rabu (5/9).

Jokowi juga mengapresiasi Toyota yang dalam 2,5 tahun terakhir investasinya telah mencapai Rp 22,75 triliun.

Dengan investasi itu, Toyota bisa merealisasikan ekspor 217 ribu kendaraan. Pemerintah ingin mendorong berbagai kementerian dan lembaga di daerah untuk terus mendukung iklim investasi.

’’Perizinan ini harus segera, yang ruwet-ruwet ini diselesaikan. Di provinsi, kabupaten, dan kota akan kami dorong agar perizinan ini begitu dengan kecepatan yang baik,’’ tambah Jokowi.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mencatat volume ekspor kendaraan mencapai angka lebih dari satu juta unit sejak pengapalan perdana.

‘’Kami memaknai capaian tersebut sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa negara,’’ ujar Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Toyota Indonesia mengekspor berbagai produk otomotif, mulai kendaraan utuh (CBU), kendaraan terurai (CKD), mesin utuh tipe TR dan NR, komponen kendaraan, hingga alat bantu produksi berupa jig (alat bantu pengelasan).

Model kendaraan utuh bermerek Toyota yang diekspor ke mancanegara adalah Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya, dan Townace/Townlite.

SUMBER  : jpnn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *